Lihatlah sekitarmu, dengan begitu kau akan dapat ilmu. Ilmu kehidupan untuk dirimu, yang akan kau lalui bersama waktu

Thursday 16 April 2015

Anak Jalanan


Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, sudah seharusnya kegiatan yang dilakukan anak-anak hendaknya berada dalam lingkungan yang sesuai dengan dunianya. Dunia anak-anak ! Dunia yang bukan berarti hanya dunia bermain, mereka juga harus belajar atau menutut ilmu untuk menggapai cita-citanya. Namun pada kenyataannya, pada era seperti ini masih banyak di sekitar kita anak-anak yang tidak bisa menikmati masa-masa yang seharusnya mereka nikmati. Bersekolah misalnya, banyak anak-anak yang tidak bisa melanjutkan sekolah hanya karena faktor keterbatasan ekonomi. Hal ini menyebabkan mereka harus menikmati kehidupan yang jauh berbeda dari kehidupan anak-anak yang seharusnya. Disekitar kita masih banyak anak-anak kecil yang masa kecilnya hidup bersimbah peluh di terik matahari berjuang untuk hidup dengan cara mengamen, berjualan koran, atau hanya sekedar ikut orang tuanya mengais rezeki sebagai pedagang kaki lima bahkan sebagai pengemis.
Anak jalanan, anak-anak yang turun ke jalanan untuk menyambung kehidupan. Banyak orang yang tidak peduli dengan mereka, bahkan bertemu dengan mereka saja rasanya enggan. Padahal menjadi seorang anak jalanan bukanlah keinginan mereka, keadaanlah yang membuat mereka harus seperti itu. Orang tua yang seharusnya mengarahkan kehidupan masa depan anaknya, nampaknya juga terpaksa membiarkan anaknya menjadi seorang anak jalanan karena faktor-faktor yang menyebabkan anaknya tidak bisa melanjutkan bangku sekolah alias anak tersebut menjadi putus sekolah. Jika hal tersebut di biarkan, betapa mengerikan Indonesia ini mendapati anak-anak yang tumbuh dengan liar dan brutal akibat pergaulan yang ada di jalanan, karena menurut saya dengan dibiarkan begitu anak-anak jalanan akan lebih dekat dengan alkohol, narkoba, dan hal-hal negatif lainnya. Pada era seperti ini sudah banyak kasus anak yang mengalami ketergantungan terhadap zat-zat adiktif seperti lem, bahan pewarna, dan lain-lain yang dapat mengakibatkan penyakit gagal ginjal, kerusakan otak permanen, dan bahkan kematian.
Pendidikan ! pendidikan merupakan hal yang seharusnya tidak ditinggalkan, khususnya bagi usia yang masih tergolong anak-anak. Biaya hidup di Indonesia yang terlihat semakin hari semakin meningkat, nampaknya membuat ekonomi masyarakat menengah kebawah semakin terpuruk, hingga anak-anak mereka harus putus sekolah dan turun ke jalan untuk menyambung hidup.
Sempitnya lapangan pekerjaan seiring pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin meningkat membuat banyak orang nekat melakukan hal yang dapat merugikan orang lain, entah itu mencopet, merampok, bahkan menipu. Saya tidak habis fikir hal ini tidak semata-mata hanya dilakukan oleh orang dewasa, namun beberapa kasus telah menyebutkan anak-anakpun menjadi pelaku dari perilaku tersebut.
Anak-anak sudah seharusnya mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah, karena anak-anak salah satu investasi negara dalam pembangunan negri ini sebagai generasi penerus bangsa. Kalangan ekonomi menengah kebawah mendapati pendidikan yang rendah dan terpaksa membuat anak-anak yang ada di kalangan tersebut banyak yang menjadi anak jalanan sehingga membuat banyak masyarakat miskin tidak memiliki pilihan lain kecuali putus sekolah/tidak bersekolah. Sekarang ini banyak masyarakat Indonesia yang berada dibawah garis kemiskinan sehingga banyak orang tua tidak begitu peduli atau memperhatikan pentingnya pendidikan bagi sang buah hatinya.
Anak-anak jalanan nampaknya telah banyak melupakan hal penting, tidak hanya masalah pendidikan namun juga hal yang hakiki yaitu agama. Hal seperti ini membuat moral anak-anak penerus bangsa terancam, mereka lebih memilih hidup bebas di jalanan , tidak ada yang mengatur, bahkan lebih suka tidak ada yang melarang mereka untuk berbuat hal yang tidak baik. Bagi saya, kita bisa saja diam dan tidak melakukan apa-apa, namun bukankah masalah anak-anak jalanan akan tetap bertambah, kita juga bisa banyak bicara tanpa melakukan apa-apa, itupun juga masalah anak jalanan akan tetap ada, namun jika kita peduli dengan mereka, setidaknya hal ini dapat mengurangi masalah anak jalanan di negara ini. Sudah saatnya kita memperbaiki Indonesia ini dengan menjadi agen perubahan dari masalah ini. Mari lihat sekitar kita, bantu anak menikmati masa-masa yang seharusnya mereka nikmati dengan memberikan kontribusi kepada negara Indonesia ini melalui turun tangan langsung membantu anak-anak generasi penerus bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Lalu tunggu apa lagi ? Mau ikut turun tangan langsung ambil bagian dalam menjadikan Indonesia lebih baik ? Bergeraklah !

Rizky Amalia Ditasari

No comments:

Post a Comment